Selasa, 8 Juli 2025 di kampus Ikopin University diadakan Bedah Buku Perkoperasian dan Inovasi Bisnis. Bedah Buku tersebut diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Universitas Koperasi Indonesia dan Hari Koperasi Indonesia. Pada kali ini buku yang dibedah ada dua buku, yaitu Buku Kongres Koperasi Pertama Di Tasikmalaya karya Iip D. Yahya dan Buku Inovasi Tanpa Batas Dari Ide Sampai Realita karya Mohammad Fahreza. Iip D. Yahya adalah seorang Penulis Profesional yang sudah menulis puluhan buku bermutu dengan basis sejarah sesuai dengan keahlian beliau sebagai lulusan Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung. Sementara Mohammad Fahreza adalah Dosen Program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Koperasi Indonesia yang saat ini sedang mengambil program Doktor Manajemen Universitas Pendidikan Indonesia.
Di Buku karya pertama, Iip menceritakan kronologis sejarah munculnya koperasi di Indonesia semenjak zaman penjajahan Belanda sampai tercetus gagasan untuk mengadakan Kongres Koperasi Pertama di Tasikmalaya. Ada peran Mohammad Hatta yang akhirnya dijadikan sebagai Bapak Koperasi di Indonesia.
Sementara di buku karya kedua, Fahreza menyampaikan pentingnya inovasi di dunia bisnis dan usaha tak terkecuali dengan koperasi. Inovasi adalah terobosan agar bisnis tetap kekinian dan menyesuaikan dengan zaman. Diperlukan ide besar untuk bisnis agar tetap bertahan dan memenuhi selera pasar.
Rektor Universitas Koperasi Indonesia, Prof. Ir. Agus Pakpahan, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kita memiliki karya dalam bentuk buku, apalagi seorang akademisi dalam hal ini adalah dosen. Dan buku tidak akan pernah kadaluarsa sehingga penting untuk terus menulis menghasilkan karya-karya yang manfaatnya bisa bertahan lama.
Dr. Ir. Hj. Yuanita Indiani, selaku moderator dalam acara bedah buku tersebut terkait dengan koperasi dengan mengutip apa yang disampaikan Iip, bahwa di Indonesia Koperasi Boleh Ada tetapi Tidak Boleh Besar dan untuk melahirkan inovasi besar dalam bisnis perlu belajar dari inovasi-inovasi para pengusaha besar.





