Oleh: Dr. Ir. H. Indra Fahmi, M.P. (Dosen Fakultas Sians dan Teknologi Universitas Koperasi Indonesia)
Saya mengamati berulang, perilaku petugas ticketing parkir di kampus Ikopin. Nyaris tak tampak muka masam atau kesal untuk pekerjaan yang menurut saya membosankan.
Berulang, setiap saya melewati loket, sangat sering mendengar ucapan : “Selamat Sore”; “terima kasih”: “Hati-hati Pak”
Penasaran, saya bertanya pada Sandra, tentang pekem (SOP?) ini. Jawabnya ; “DI Perusahaan kami yang dulu (PT ISS parking) dikenal “GREETINGS” Pak.
Jadi aktivitas kami, oleh perusahaan dikenal ada 5 M atau 6 M, masing-masing: Menyambut, menyapa, mengontrol, melayani, menilai dan melaporkan. Itu job yg ditekankan pada kami. Waktu itu, 1 minggu sekali kami mendapat briefing dan atau training.
Wow, adanya Greeting ini, cerminan dari penciptaan budaya kerja perusahaan yg menekankan “hospitality” pada konsumen.
Hospitality, seperti halnya inkubator, konon berawal dari lingkungan medis.
Hospitality, maknanya ramah atau hangat. Para medis (dokter atau perawat) di RS Swasta, ditekankan untuk responsif pada pasien. Paling tidak diakhir jumpa, ada ucapan doa: Semoga lekas sembuh.
Hospitality juga, kini ditekankan di dunia parawisata, agar para wisatawan happy dan dalam jangka panjang Jumlah wisatawan di suatu tempat akan meningkat.
Greetings dan hospitality juga, saya amati dilaksanakan secara alami di Universitas Prasetya Mulya (BSD dan di Cilandak).
Kesannya suasana Ceria dan hangat, timbullah aura positif yg memancar pada mahasiawa dan calon mahasiswanya.
Terkait budaya Hospitality dan Greetings, apakah mungkin bisa jadi budaya di kampus Ikopin University.
Ucapan Assalamualaikum (mendoakan ) atau Selamat.(pagi, siang, sore). bisa dicoba dilakukan di ruang2 publik di kampus Ikopin. Keramahan dan kehangatan bisa kita tularkan pada mahasiswa kita, dan itu tentunya akan beresonansi ke pasar potensial.
Insya Alloh, dalam jangka panjang “student intake” kita akan meningkat….
Ayo konkritkan budaya Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun pada sesama dan mahasiswa kita.