01/10/2020
(022) 779-4444

Seminar Nasional Online (Webinar): “The New Economics Era After Covid-19”

seminar-nasional-online-webinar-the-new-economics-era-after-covid-19

Pandemic Covid 19 yang terjadi saat ini, secara tidak langsung berimplikasi terhadap munculnya ketimpangan penawaran dan permintaan berbagai komoditi di pasar global. Hal ini juga yang kemudian menyebabkan turunnya IHSG sebesar 1,3%, terperosoknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, terjadinya outflow yang mencapai ratusan triliun per bulan Maret, serta berbagai dampak ekonomi lainnya diberbagai sektor industri.

Struktur ekonomi dualistik yang saat ini dianut Indonesia disinyalir akan menjadi tantangan tersendiri dalam upaya perbaikan perekonomian pasca penanganan covid 19. Berdasarkan hal tersebut di atas maka pada hari Rabu tanggal 29 April 2020 pukul 13.00 – 15.00 WIB, Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) telah melangsungkan Seminar Nasional Online (Webinar) dengan mengusung tema ‘The New Economics Era After Covid 19.

Acara ini merupakan kolaborasi antara Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin), Bank Indonesia (BI), dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) yang mendapatkan dukungan penuh dari PT Bank Jabar Banten, TBk.  Pelaksanaan webinar ini bertujuan untuk memberikan gambaran ekonomi ditengah pandemi covid 19 serta menghasilkan berbagai ide atau gagasan berkualitas sebagai rekomendasi bagi kebijakan pemerintah di masa yang akan datang.

Webinar ini menampilkan tiga orang pembicara yaitu: (1) Dr. H. Burhanudin Abdullah., MA (Rektor Ikopin), (2) Ir. Akhmad H. Lukita., MBA., QWP (CEO PT LAPI Divusi  ITB), (3) Herawanto (Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat). Sedangkan  yang bertindak sebagai moderator adalah Dr. Heri Nugraha., SE., MSi. (Dosen Ikopin).

Webinar ini dihadiri oleh sekitar 357 orang peserta, yang berasal dari  berbagai daerah kepulauan Indonesia dan berbagai  kalangan, yaitu: Perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di Indonesia, Perbankan (Bank Indonesia, Bank BJB dsb),  Institusi pemerintah (Dinas-dinas dan OPD di lingkungan Pemerintah Propinsi Jawa Barat); Pimpinan perusahaan BUMN dan swasta yang ada di Jawa Barat; Para pengusaha; Asosiasi-asosiasi profesi; dan Pengurus/anggota ISEI Jawa Barat dan lain sebagainya.

Acara di buka dengan  opening speech dari Bapak Aldryn Herwani yang merupakan ketua ISEI Jawab Barat. Kegiatan ini berlangsung lancar dengan  partisipan yang begitu antusias dan aktif dalam menanggapi setiap materi yang dipaparkan oleh narasumber. Begitu banyak pertanyaan yang diajukan oleh peserta, namun dikarenakan adanya keterbatasan waktu, maka hanya 9 pertanyaan saja yang dapat dijawab secara langsung oleh narasumber. Atas dasar itu, Dr. H. Burhanudin Abdullah., MA (Rektor Ikopin) memutuskan untuk mencatat pertanyaan-perrtanyaan yang belum terjawab dan kemudian mengirimkan jawaban dimaksud kepada para peserta. Acara juga di meriahkan oleh pembagian Doorprize kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaan yang diajukan Moderator.

Selanjutnya, sebagai penutup Moderator,  Dr. Heri Nugraha., SE., Msi  memberikan kesimpulan sebagai berikut : 1. Senantiasa optimis dalam menghadapi resiko, sehingga pasca pandemi covid 19 menciptakan cerita ekonomi baru. 2. Munculnya digital economy yang lebih masif, bahkan ekonomi desa akan tampil ke depan dengan dukungan infrastruktur digital untuk meraih global value chain. 3. Pasca pandemi akan muncul ekonomi baru yang melibatkan masyarakat atau berbasis masyarakat. 4. Ekonomi koperasi memiliki peluang untuk berperan aktif pasca pandemi covid 19.

Ikopin sebagai satu-satunya pendidikan tinggi yang terus menerus konsisten dalam mengembangkan perkoperasian di Indonesia akan menjadi garda terdepan dalam mewujudkan “The new economics era after covid 19”. (Lina Nurjanah, SP., M.BA. & Arika Nur Syaadah, SE.)

Materi Webinar The New Economics Era After Covid-19 dapat diunduh pada link berikut:

Materi 1

Materi 2

Materi 3