Volcano Steak

responsive

Latar Belakang

Kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak ditemui di Indonesia. Mulai dari makanan ringan, berat, hingga beragam jenis minuman dijual untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat. Seperti namanya, Volcano Steak berfokus pada aneka kuliner steak, berupaya untuk menciptakan makanan bernuansa internasional dengan rasa lokal. Volcano Steak mengombinasikan bahan-bahan berkualitas dengan rempah tradisional sehingga cocok dengan preferensi masyarakat Indonesia. Dalam pengembangan bisnis kuliner ini, Pusat Inkubator Bisnis Ikopin (PIBI) turut berpartisipasi dalam membina Volcano Steak, mulai dari perencanaan hingga pelayanan.

Tantangan

Masalah utama yang umum dihadapi oleh pelaku bisnis kuliner adalah terkait harga bakan baku yang cenderung tidak stabil. Namun, hal ini tidak serta-merta membuat Volcano Steak dapat menaikkan harga produk di pasaran sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi lebih rendah. Selain itu, lokasi yang kurang strategis juga menjadi tantangan tersendiri bagi Volcano Steak untuk merumuskan strategi marketing yang lebih tepat dan efektif.

Pendekatan dan Implementasi

Ketika berbicara tentang bisnis kuliner, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar mencapai kesuksesan dalam mengelolanya, beberapa di antaranya yaitu kulitas produk, kesesuaian dengan kebiasaan konsumen, dan strategi baru. Untuk mencapai keberhasilan tersebut, PIBI melakukan berbagai upaya untuk mendukung berkembangnya bisnis Volcano Steak.


Tidak hanya secara konsultatif, dalam hal peningkatan kualitas produk, PIBI berupaya menunjukkan konsistensi kualitas bahan baku melalui penyediaan supplier untuk Volcano Steak. Dengan langkah ini, harapannya Volcano Steak dapat memberikan konsumen produk jadi dalam bentuk beragam olahan steak  dengan kualitas yang terus terjaga.


Di era digital yang serba cepat ini, untuk bisa mempertahankan keberadaannya, sebuah bisnis kuliner harus mampu untuk beradaptasi dengan teknologi sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Implementasi hal ini diwujudkan melalui pengintegrasian lokasi Volcano Steak oleh Google Maps dan kemitraan yang dijalin bersama Grab Food & Go-Food. Harapannya, meskipun berada di lokasi yang kurang strategis, Volcano Steak dapat menyediakan opsi yang lebih mudah agar masyarakat dapat mencoba menikmati produk yang dijual. 


Agar bisnis dapat terus berjalan, diperlukan strategi yang panjang dan matang terkait operasional dan pemasaran. Dari aspek operasional, Volcano Steak dan PIBI terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap para pelanggan, sejak pengolahan bahan baku, hingga produk siap disajikan. Selain itu, PIBI juga membantu dalam perencanaan terkait pelebaran sayap bisnis berupa pembukaan usaha baru. Sementara dari aspek pemasaran, PIBI melakukan upaya optimalisasi dari segi tradisional berupa pemasangan banner usaha, dan digital berupa manajemen media sosial.

Hasil

Pembinaan oleh PIBI membantu Volcano Steak untuk mendapatkan pemahaman dan bimbingan teknis di berbagai bidang, seperti digital marketing, legalitas usaha, foto produk, pelayanan prima, manajemen usaha kuliner, serta creativepreneur.